Wirausaha, Strategi Jos di Spanyol yang Boncos

kewirausahaan spanyolPelatihan Kewirausahaan dan UMKM/UKM- Kesibukan itu bermula tepat pukul 20.00 waktu Madrid, Spanyol. Cafe La Infinito mulai kedatangan tamu, dan itu terus sampai menjelang tengah malam. Dibantu dua tenaga part-time, Antonio Rojas Fernandez dan Paloma Perez Rodriguez mulai sibuk melayani tamu-tamunya.Kesibukan itu terjadi saban malam, membuat pasangan itu nyaris tak pernah libur sejak membuka Infinito pada Mei lalu. Sebelumnya mereka harus membanting stir mencari pekerjaan baru setelah kehilangan pekerjaan sebagai guru dan teknisi antena TV.“Tak mudah, tapi ini berhasil,” kata Perez, yang sedang mem-blender buah sambil mendengarkan musik lembut yang mengalun di dapurnya.

Pelatihan Kewirausahaan dan UMKM/UKM Setelah krisis berat, tenaga kerja Spanyol yang kehilangan pekerjaan punya tiga pilihan: bertahan sebagai pengangguran, merantau ke luar negeri, atau membuka usaha sendiri. Perez dan Rojas mengambil pilihan terakhir.

Sampai Juli tahun ini, pekerja yang mendaftarkan usaha sendiri ke pemerintah meningkat dari 6.826 usaha pada tahun lalu, menjadi 21.992 usaha. Perusahaan baru yang berdiri naik 8,2 persen pada paruh pertama 2013 di tengah angka pengangguran yang masih mencapai 26 persen.

“Ini indikasi bahwa kewirausahaan sedang meningkat di Spanyol,” kata Mariarosa Lunati, ekonom dari Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi, yang berbasis di Paris.

Krisis ini, kata Paris de L’Etraz, Direktur Venture Lab di Fakultas Ekonomi EI Madrid, telah mendorong orang untuk keluar dari zona nyaman. “Ini mengubah pemikiran orang, yang pada empat sampai lima tahun lalu, lebih dari setengah populasi ingin bekerja dengan pemerintah,” katanya (detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 5 = forty five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>