Penelitian dan Studi

PT Kirana Adhirajasa Indonesia berusaha memberikan kontribusi pengembangan Kewirausahaan, UMKM, dan SKPD serta perusahaan melalui beberapa aktivitas penelitian, perencanaan dan riset-riset terapan. Dengan didukung oleh tenaga ahli dibeberapa bidang PT. Kirana Adhirajasa melakukan beberapa aktivitas, diantaranya:

Studi omzet pasar tradisional

Semakin berkembangnya minimarket/pasar modern tidak mengganggu transaksi masyarakat terkait dengan kebutuhan rumah tangganya di pasar tradisional. Diperlukan studi khusus terkait dengan omzet pasar tradisional agar pemerintah mempunyai basis data dalam menyusun strategi dan kebijakan pengembangan ekonomi masyarakat di masa yang akan datang

Studi Pengunjung Pasar Tradisional

Bagi sebagian masyarakat berbelanja dipasar modern memang lebih nyaman. Namun demikian adanya kegiatan transaksional seperti di pasar tradisional tidak akan ditemui.  Dibutuhkan kajian tentang pengunjung pasar tradisional untuk mengetahui faktor atau motivasi kunjungan sehingga dapat diketahui perilaku serta motivasi kunjungan ke pasar tradisional.

Analisis Kelayakan Pasar Tradisional menjadi Pasar Modern

Perkembangan pasar swalayan, kenyataannya telah berdekatan dengan pasar tradisional, sehingga hal tersebut telah menjadikan interaksi persaingan dengan sesama pasar. Pasar modern memang lebih menarik pengunjung, karena disamping tersediannya kebutuhan masyarakat yang lebih lengkap, pengunjung pun menjadi nyaman dan puas dengan fasilitas yang disediakan pada pasar modern ini. Bagi pasar tradicional, untuk menjadi pasar modern diperlukan kajian kelayakan terkait dengan faktor pendukung yang dapat berupa infrastruktur, fasilitas, aksesibilitas serta kelengkapan produk.

Studi Penguatan Ekonomi Wilayah dan UKM/IKM

Usaha dan industri kecil  menengah mempunyai peran yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi suatu daerah. Oleh karena itu, diperlukan kajian dalam penguatan ekonomi wilayah melalui UKM /IKM agar mampu menjadi basis ekonomi daerah yang memberikan kontribusi terhadap sumbangan ekonomi wilayah atau PDRB dan penyerapan tenaga kerja.

Kajian Kebutuhan Pelatihan Bagi IKM dan UKM di Kabupaten/Propinsi

Pertumbuhan IKM dan UKM di setiap daerah yang semakin meningkat perlu diimbangi dengan kualitas SDM dan pengelolaannya. Untuk menemukenali kebutuhan pelatihan diperlukan kajian agar pelatihan-pelatihan yang akan diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan permintaan serta kebutuhan SDM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× eight = 24

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>