Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Sosial (Community Entrepreneurship)

kewirausahaan sosialKewirausahaan sosial atau social entrepreneurship merupakan titik tengah antara aktivisme sosial dengan aktivisme ekonomi. Kemunculannya dalam satu dekade terakhir menepis anggapan bahwa dalam bisnis hampir mustahil berbuat sesuatu yang bersifat sosial. Begitu juga sebaliknya, kerja sosial itu hampir tidak mungkin mendapatkan manfaat ekonomi. Di Indonesia, model seperti ini memang belum begitu populer, bahkan belum ada. Kewirausahaan sosial berbeda dengan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Sebab, program CSR hanya bagian kecil saja dari kegiatan perusahaan. Memang banyak perusahaan yang mendirikan sekolah gratis, rumah sakit, dan seterusnya. Akan tetapi semua itu bukan misi utama perusahaan. Tujuan utama dari kewirausahaan sosial adalah untuk meningkatkan kehidupan sosial dan lingkungan yang lebih baik.

Walaupun wirausaha sosial seringkali bersifat non-profit, tetapi hal ini juga tidak bertentangan dengan usaha yang mendatangkan keuntungan. Wirausaha sosial adalah lebih dari membuat keuntungan, dengan menggunakan percampuran nilai model bisnis yang mengkombinasikan dengan bisnis yang mendatangkan penghasilan dengan struktur atau komponen yang menciptakan nilai sosial.

Permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia antara lain adalah penagguran, kemiskinan dan kerusakan lingkungan. Kondisi tersebut tentuna dapat mengganggu pembangunan dan stabilitas nacional. Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan meningkatkan semangat kewirausahaan melalui pengembangan kewirausahaan sosial. Oleh karena itu, telah disusun pelatihan pengembangan kewirausahaan Sosial (Community Entrepreneurship) selama 2 hari pada 19—20 November 2013 dengan materi meliputi; Social Entrepreneurship Pillars: social value, civil society, innovation, and economic activity; Community Recognizing; Measuring thePotentialEconomicCommunity; Stakeholders Mapping; dan Develop Your Social Entrepreneurship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>