Pelatihan Pengelolaan Bengkel Mobil

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPelatihan Pengelolaan Bengkel Mobil – Perkembangan industri otomotif nasional belum diimbangi dengan pertumbuhan jumlah bengkel pendukung layanan purna jual. Akibatnya sering terjadi antrian cukup panjang kendaraan yang membutuhkan perawatan atau perbaikan. Kondisi tersebut terjadi karena bengkel yang ada hanya bisa melayani sekitar 60% dari kebutuhan layanan purna jual kendaraan, sehingga masih terbuka luas untuk bisnis perbengkelan di dalam negeri. Bengkel mobil adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam jasa perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor (otomotif) yaitu mobil. Bengkel Perbaikan yang dilakukan oleh bengkel mobil adalah perbaikan body dan sasis, mesin, sistem elektrik, pengecatan dan pengelasan mobil. Bisnis bengkel mobilpun bukan hanya bertumpu pada kegiatan pelayanan perawatan mobil atau jasa perawatan mobil saja. Terdapat faktor-faktor tertentu yang memang mampu mendukung kegiatan bisnis seperti fasilitas tempat yang cukup nyaman dan pelayanan kepada pelanggan. Untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya harus ditunjang dengan sistem, baik pembukuan atau pencatatan ataupun dari bidang manajemen yang handal.

Usaha bengkel mobil (UBM) merupakan usaha yang menarik ditinjau dari pasar dan permintaan pasar. UBM akan terus berkembang selama terjadi peningkatan jumlah penjualan mobil penumpang dan jumlah populasinya. Apabila UBM difokuskan pada mobil penumpang, maka tingkat prospek UBM mobil penumpang lebih tinggi dari UBM kendaraan umum dan angkutan karena UBM mobil penumpang melayani golongan menengah ke atas yang mampu membeli mobil pribadi, dan konsekuensinya akan membutuhkan perawatan dan perbaikan mobil milik pribadi mereka secara periodik selama mobil tersebut masih digunakan. Usaha jasa perawatan dan perbaikan kendaraan memerlukan kemandirian yang didasari jiwa kewirausahaan, Lahan/lokasi tempat usaha yang memadai serta harus memiliki peralatan kerja yang cukup banyak jenisnya mulai dari peralatan ringan hingga peralatan berat. Ketersediaan suku cadang yang sifatnya umum seperti bola lampu, oli mesin, mur-baut, tali kipas dan sebagainya harus tersedia. Modal keuangan mutlak diperlukan dalam melaksanakan/mengoperasikan usaha ini. Layanan/ service terhadap kendaraan harus dilakukan dengan baik sehingga mampu memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan. Aspek manajemen memiliki peran penting dalam pengelolaan usaha bengkel. Minimnya ilmu manajemen dan pemasaran bengkel yang menjadi salah satu tidak suksesnya usaha. Oleh karena itu, telah disusun pelatihan mengenai pengelolaan bengkel mobil, dengan ruang lingkup materi meliputi: Prospek Usaha Pengelolaan Bengkel Mobil, Analisis Kegiatan Bengkel, Manajemen Perbengkelan, Pengelolaan Aktivitas Bengkel, Pengelolan Fasilitas Bengkel, dan Pemeliharaan Fasilitas Bengkel. Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi HP/SMS 0813.2886.7181, 081578921211 

Jadwal Pelatihan Pelatihan Pengelolaan Bengkel Mobil sebagai berikut:
Angkatan 25, 14-15 Januari 2020
Angkatan 26,20-21 Februari 2020
Angkatan 27, 4-5 Maret 2020
Angkatan 28, 8-9 April 2020
Angkatan 29, 28-29 Mei 2020
Angkatan 30, 17-18 Juni 2020
Angkatan 31, 29-30 Juli 2020
Angkatan 32, 27-28 Agustus 2020
Angkatan 33, 16-17 September 2020
Angkatan 34, 21-22 Oktober 2020
Angkatan 34, 125-26 November 2020
Angkatan 36, 9-10 Desember 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + five =