Pelatihan Fasilitator Pendamping UMKM Untuk Pemerintah, BUMN, Perbankan dan LSM, Yogyakarta 13—14 November 2013

Kemandirian ekonomi Indonesia akan dapat diwujudkan. Meskipun menghindari investasi asing dalam perekonomian Indonesia juga merupakan sesuatu yang sangat tidak mungkin di era globalisasi ini, tetapi gagasan dari pengembangan UKM ini, paling tidak, dapat membantu perekonomian Indonesia untuk mengurangi ketergantungan dari pihak asing. Untuk mewujudkan perekonomian nasional yang kokoh tersebut, UKM perlu diberdayakan agar dapat menjadi tangguh dan mandiri serta dapat berkembang.Dalam kaitannya dengan kondisi di atas, maka pemerintah melalui berbagai elemennya, seperti Departemen Koperasi, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Bappenas, BUMN dan Dinas Perindustrian dan koperasi di daerah termasuk institusi keuangan baik bank maupun nonbank, melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Dukungan diwujudkan melalui kebijakan maupun pengadaan fasilitas dan stimulus lain. Pengadaan  fasilitator yang mampu mengawal keberlangsungan program sangat dibutuhkan. Fasilitator ini menjadi penting bagi untuk mendorong pelaku UMKM menjadi lebih maju. Diharapkan aplikasi pelaksanaan program mampu sejalan dengan arahan pada panduan perencanaan yang telah ditetapkan.  Menjadi seorang fasilitator diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus terutama ketampilan berkomunikasi dengan masyarakat serta pengetahuan terkait dengan rencana pengembangan program UMKM.

Oleh karena itu, telah disusun Pelatihan Fasilitator UMKM selama 2 hari pada 13—14 November 2013 di Yogyakarta dengan ruang lingkup materi meliputi: Peran dan Fungsi Fasilitator; Ketarmpilan Berkomunikasi Massa; Menemukenali permasalahan UMKM, Menyusun Rencana Bisnis, Pengelolaan Usaha, dan  Menumbuhkan Motivasi Berwirausaha. Adapun sasaran peserta dapat berasal dari Disperindakop, BUMN maupun LSM pendamping UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 1 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>