Pelaku UMKM Perlu Pendampingan Serius

Bisnis-jabar.com, TASIKMALAYA–Program pemberdayaan UMKM baik dari pemerintah juga support penganggaran dari DPRD diklaiam sudah cukup banyak. Hanya saja, dalam mengakses program tersebut, banyak pelaku UMKM yang kesulitan akibat kurang komunikasi dan informasi. Anggota Komisi 6 DPR-RI, Muhajir mengatakan, maka yang mendesak dibutuhkan saat ini bagi pelaku UMKM, adalah pendampingan atau konsultasi baik dalam manajemen usaha maupun akses dana perbankan. Para pendamping juga berperan dalam sosialisasi program-program kerakyatan dalam pemberdayaan ekonomi dari pemerintah.

“Pendampingan bagi UMKM harus terus dilakukan. Kami sudah komunikasi dengan kementerian dalam rangka mendirikan sebuah wadah konsultasi. Petugas ini akan mendampingi pelaku UMKM dalam upaya menciptakan mutu, proses, juga sosialisasi program termasuk akses dana perbankan,” ungkap Muhajir di Tasikmalaya dalam sosialisasi bimbingan teknis penerapan teknologi tepat guna pengembangan desain kemasan produk dan pemanfaatan hak kekayaan intelektual (HAKI) dalam rangka peningkatan produktifitas, mutu dan daya saing KUMKM, Senin (2/9/2013).

Hal senada dikatakan Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Choirul Djamhari. Ia mengatakan, perlu segera dibentuk wadah pendampingan UMKM secara nasional untuk menyatukan berbagai pendamping yang selama ini sudah ada.

Ia menilai, dengan wadah lembaga penamping akan tercipta visi yang sama bagaimana mendapingi para UKM dengan berbagai latar bekang keahlian pendamping yang selama ini berjalan masing-masing.

“Saya kira tidak akan tumpang tindih antara pendamping yang satu dengan pendamping yang lain. Justru jika dibentuk satu lembaga, penampingan akan lebih terarah,” katanya.(k55/k29)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four − = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>