New and Clean, Laundry Sepatu Kekinian di Kota Depok

 

pelatihan laundry sepatuPelatihan Laundry Sepatu – Tidak ada usaha yang menghianati hasil.  Pepatah ini telah dibuktikan oleh pemuda bernama Refiandi Riansah atau yang akrab disapa Andi. Ia membuka usaha laundry sepatu kekinian bernama New and Clean di bilangan Beji Timur, Depok.  Laundry tersebut ia jalankan sejak Februari 2017. “Awal mulanya saya bekerja paruh waktu di salah satu laundry sepatu di Depok. Kerja di sana kurang lebih satu tahun. Karena waktu kuliah dan kerja bentrok, akhirnya saya putuskan untuk resign,” ujar Andi.Dari keterbatasan waktu yang ada dan kecintaannya terhadap Sneakers yang begitu besar, akhirnya ia terbesit untuk memulai bisnis laundry sepatu. “Kenapa ga buka usaha sendiri? pikir saya. Kebetulan juga suka banget sama yang namanya sneakers dan cukup punya pengetahuan tentang sneakers,” katanya.

Bermodalkan 250 ribu rupiah yang dikumpulkannya dari uang saku. Ia membeli alat-alat pembersih sepatu yang sederhana untuk merealisasikan niat berbisnisnya.  “Yang pertama nyuci orang tua lalu merembet ke keluarga dan teman-teman kuliah. Dari banyaknya sepatu yang masuk ke laundry. Belum sampai 3 hari, ternyata modal awal sudah balik,” ungkap Andi.

Menurut Andi sendiri, yang membedakan laundry sepatu miliknya dengan laundry lain adalah durasi pengerjaan yang cukup singkat. “ Di laundry sepatu New and Clean durasi pencuciannya  1 sampai 3 hari saja. Dan untuk repaint durasi pengerjaannya seminggu,” katanya.

Tambahnya, ia menggunakan metode dry clean atau cuci manual dengan tangan bukan dengan mesin. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa sebab. Menurutnya, dengan metode dry clean hasil cuci sepatu lebih detail dan bersih serta risiko kerusakan sepatu sangat minim.

Berkat kerja keras dan ketekunannya menjalankan bisnis di bidang laundry sepatu ini, Andi kini dapat meraih omset mencapai 4 juta hingga 6 juta juta perbulan. Selain jasa pencucian sepatu, ia juga menjual berbagai varian parfum khusus untuk sepatu yang dijual seharga 35.000.

Dalam mempromosikan bisnisnya, ia sangat memanfaatkan  media sosial seperti Instagram dan Whats App. Baginya, media sosial menjadi ujung tombaknya dalam mempromosikan bisnisnya.

“Saya sangat memaksimalkan Instagram untuk media promosi. Menurut saya promosi dengan visual di era saat ini menjadi hal yang sangat penting,” ujarnya.

Untuk saat ini, pelanggan laundry sepatu New and Clean ( @new.c_sepatu ) tersebar di berbagai daerah Depok dan sekitarnya. Menurutnya, pelanggan paling banyak berasal dari daerah Depok II, Mampang, serta Citayam.

Andi memberikan beberapa tips untuk yang ingin memulai bisnis. Menurutnya, tidak perlu memulai hanya saat memiliki modal yang besar. “Saran saya jangan menunda, kalo bisa memulai sekarang, mulai aja. Gak usah takut,” katanya.

Ia memegang teguh sebuah prinsip, menurutnya, bisnis yang dijalankan harus menjadi solusi dari tiap permasalahan orang lain. “Misalnya orang  sekarang kan tidak punya banyak waktu, apalagi untuk mencuci sepatu atau mungkin belum paham cara mencuci yang benar. Nah, saya menjadi solusi atas permasalahan tersebut dengan membuka usaha laundry ini. Simpelnya, kita harus jadi solusi atas permasalahan orang lain,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = seventeen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>