Lagi Cari Modal, Begini Trik agar Bisnis Dilirik Investor

investasi

Dalam investasi tentu investor melakukan pertimbangan supaya modal yang ditanamkan di perusahaan itu bisa menguntungkan mereka. Investor juga mencari sesuatu kepada para pengusaha yang memengaruhi putusan investasi mereka.Sebagian orang menilai investor mencari perusahaan yang memiliki aspek finansial baik, namun nyatanya ada beberapa poin lain yang sebenarnya dicari oleh para investor. Tak semua investor mau membagi rahasia tentang bagaimana mereka memutuskan sebuah keputusan investasi. Perlu Anda tahu, salah satu keputusan investasi sang investor bukan hanya berdasarkan potensi dari perusahaan yang dijalankan, melainkan juga potensi dari orang-orang yang menjalankan perusahaan tersebut. Hal tersebut cukup beralasan mengingat bagus tidaknya perusahaan tergantung pada para pemilik usaha dalam mengelola usahanya.

Jadi, bagi Anda yang kini sedang memimpin dan mengelola perusahaan, harus paham betul mengenai potensi yang seharusnya Anda gali dan kembangkan. Sebab hal ini berpengaruh besar pada ketertarikan investor untuk berinvestasi pada perusahaan atau startup Anda.

Jika Anda memahami apa yang mereka cari, bisnis Anda bisa menjadi incaran para investor.

1. Miliki Visi dari Usaha yang Jelas

Investor adalah orang yang akan mempercayakan investasinya pada pengusaha yang tahu dan jelas keinginan dalam perusahaan yang dibangun. Maka dari itu, usaha yang Anda dirikan harus memiliki visi yang jelas dan memahami apa yang dibutuhkan perusahaan.

Investor yang ada saat ini tidak mau mendikte terlalu banyak pada pengusaha yang tidak jelas apa visi perusahaannya. Melainkan hanya memberi arahan dan nasihat supaya berjalan lebih baik.

2.  Bagaimana Produk Anda Diterima oleh Pasar

Mendirikan sebuah usaha tanpa melakukan riset pasar, seperti produk atau jasa apa yang banyak dibutuhkan oleh orang adalah suatu tindakan yang nekat. Sebab, tak menutup kemungkinan usaha yang Anda rintis berantakan di tengah jalan karena produk dan jasa itu tak laku.

Maka dari itu, agar bisnis Anda dilirik oleh investor, pastikan bahwa produk dan jasa yang Anda tawarkan ke konsumen itu benar-benar yang mereka butuhkan. Sehingga Anda memiliki potensi pasar secara berkelanjutan.

3. Punya Motivasi Tinggi dalam Berwirausaha

Dalam menjalankan bisnis dan berwirausaha perlu adanya bakat yang diasah sehingga dapat diimplementasikan untuk usaha yang lebih besar. Bakat berwirausaha bila diasah akan bisa ditempatkan pada jenjang yang lebih tinggi seperti tingkat internasional.

Selain itu bakat Anda dalam berwirausaha bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki ekosistem kewirausahaan. Sudah sewajarnya bila investor memprioritaskan orang-orang mampu dan punya jiwa kewirausahaan dalam mengelola perusahaan.

Investor seperti angel investor membutuhkan orang yang cerdas dan punya bakat dalam menyatukan gagasan dan ide mereka supaya sebuah usaha yang dijalankan berhasil dan sukses. Dan tak luput juga yang jadi perhatian investor adalah motivasi Anda dalam menjalankan sebuah usaha.

Jika Anda bisa menjadi orang berbakat dan cerdas dalam menggabungkan ilmu Anda serta visi mereka serta digabung dengan kerja keras, tentu investor tidak akan ragu untuk memilih Anda. Investor juga mencari sosok pengusaha handal yang benar-benar revolusioner dalam hal gagasan dan ide untuk perusahaannya.

Keterampilan Berwirausaha 

Meski Anda berbakat alami dalam menjalankan usaha Anda, kalau tidak memiliki potensi keterampilan maka investor akan berpikir dua kali untuk menyuntikkan modal ke perusahaan Anda.

Baik keterampilan pribadi dan perusahaan harus mampu Anda miliki agar bisa membuat perusahaan Anda berkembang dan dilirik oleh para investor. Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh wirausahawan agar menjadi hal positif bagi perusahaan, baik itu secara pribadi atau perusahaan.

Sebagai contoh Anda harus memiliki keterampilan pribadi seperti kreativitas tinggi, komunikatif, memiliki jiwa pemimpin, dan keterampilan dalam berbicara adalah ciri dari seorang pengusaha yang sukses.

Sedangkan dalam perusahaan tentu dibutuhkan keterampilan dalam hal keuangan, manajemen,  pengelolaan SDM, dan penguasan teknologi merupakan keterampilan yang bisa membawa keuntungan untuk pengusaha.

Jika dirasa sudah memiliki banyak keterampilan Anda juga harus memanfaatkannya untuk sesuatu yang revolusioner. Sekalipun konsep startup Anda biasa-biasa saja, namun dengan potensi dan keterampilan pengelolaan yang baik maka bikin investor kepincut dengan usaha Anda.

Jadi, jangan sepelekan bagaimana kepiawaian dan keterampilan Anda dalam mengelola sebuah usaha. Hal ini karena mereka beranggapan keterampilan dan potensi Anda bisa memunculkan lebih banyak hal baru dalam usaha yang bisa didanai untuk investasi.

5.  Bagaimana Sikap Pribadi Anda?

Meski Anda adalah seorang pengusaha berbakat dan potensial, memiliki sikap pribadi yang buruk akan menjadi hambatan besar bagi Anda. Investor memang mencari orang dengan ide dan keterampilan yang menjanjikan dalam perusahaan.

Tapi sikap pribadi yang buruk seperti keras kepala, tidak mendengarkan orang lain, dan berbicara kurang sopan bisa membuat investor tidak mau menginvestasikan uangnya kepada perusahaan Anda.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda sebisa mungkin Anda perbaiki sikap Anda demi majunya diri sendiri dan perusahaan. Akan tetapi jangan lupakan visi dan ide utama usaha Anda karena yang dibutuhkan di sini adalah sikap yang baik dan terbuka kepada orang lain.

Anda tetap bisa menyampaikan visi Anda kepada mereka dengan menunjukkan sikap yang baik agar menjadi nilai lebih bagi para investor. Tentu saja, menunjukkan sikap yang baik hanya saat di depan para investor, tapi memang benar-benar sikap baik ada dalam diri Anda sesungguhnya.

Dapatkan Investor dan Kembangkan Bisnis Anda

Bila Anda sudah memahami apa saja hal yang sebenarnya dicari investor untuk menanamkan modalnya, ada baiknya Anda mencoba mempersiapkan semua hal tersebut agar bisa menemui investor dan membuatnya mau berinvestasi kepada Anda. Selain hal di atas perlu dipersiapkan, Anda juga harus berusaha dan terus yakin pada kinerja usaha agar investasi bisa masuk ke dalam perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 13