Kompetisi Kewirausahaan Sosial kembali Digelar

kewirausahaan sosialMetrotvnews.com, Jakarta: Kompetisi kewirausahaan sosial kembali digelar oleh Arthur Guiness Fund dan British Council.Kompetisi tersebut bertujuan untuk mendukung berbagai bentuk usaha yang dijalankan dengan memberdayakan komunitas sembari menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi.Kegiatan tersebut merupakan yang ke-4 kalinya digelar di Indonesia. Para pemenang kompetisi berkesempatan memperoleh pendampingan sekaligus bantuan finansial agar dapat meningkatkan kapasitas bisnis yang dijalankan. Selama tiga tahun pelaksanaan, program tersebut telah memberikan program peningkatan kapasitas kepada 17 wirausaha sosial dan memberi dampak positif kepada 24ribu orang.

“Bisnis yang akan bertahan dalam jangka panjang adalah kombinasi antara pelayanan publik dan pelaksanaan praktek bisnis yang baik,” ujar Country Director British Council Indonesia Sally Goggin dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (17/9).

Ia menyatakan bahwa pelaksanaan kompetisi tahun ini ingin lebih memfokuskan pada pemberdayaan komunitas perempuan. Ia beralasan pemberdayaan perempuan memberikan efek positif terhadap ekonomi keluarga, komunitas bahkan negara. Studi menyatakan bahwa perbedaan gender yang paling kecil berimbas positif terhadap produktivitas dan daya saing ekonomi.

“Anggota komunitas sendiri yang harus mengusulkan ide terkait pemberdayaan komunitas. Kami akan membantu dengan memberikan pelatihan, bantuan dana dan networking kepada mereka selama setahun,” tandasnya. (Dinny Mutiah)

Editor: Edwin Tirani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six × = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>