Asing Boleh Punya Minimarket di RI, Ini Syaratnya

minimarket2Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengusulkan dibukanya investasi industri ritel seperti departmemt store, supermarket hingga minimarket untuk asing hingga 100 persen. Hal ini terkait revisi Peraturan ?Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2014 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. Mengenai wacana tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey berpendapat, dirinya mendukung lahkan pemerintah mendorong masuknya asing dalam sektor usaha ritel. Tapi ada syaratnya. Dia bilang, asing boleh membuka usaha ritel di Indonesia setelah ?usaha ritel lokal telah tersebar secara merata di seluruh Indonesia, terutama bagian timur.

“Bagi kita menyambut baik apapun itu, tapi catatan ada baiknya sebelum dibuka untuk asing kita harus ada observasi sejauh mana market yang convenience store masuk dan menguasai pasar Indonesia,” kata dia saat ditemui di Menara Bidakara, Kamis (21/1/2016).

Menurutnya, di wilayah Indonesia Timur hanya terdapat usaha ritel seperti supermarket. Belum banyak minimarket berdiri di Indonesia Timur seperti halnya di Indonesia bagian Barat.

“Seperti sekarang minimarket yang ada di Indonesia timur kan belum banyak, karena distribution center-nya pun baru dibangun. Kalau bicara Indonesia timur masih kelasnya hypermarket, supermarket, minimarketnya belum . Sayang kalau sudah dibuka kerannya tapi kita belum mendominasi seluruh wilayah Indonesia. Jadi diusahakan menguasai dulu lah,” tambahnya.

Di sisi lain, Roy meminta pemerintah mempertimbangkan peran ritel modern lokal yang selama ini menjadi agen penjual bagi produk-produk dalam negeri. Jika asing masuk dan membuka usaha ritel, jumlah minimarket yang menjual produk lokal akan menyusut.

“Ini bukan mematikan (ritel lokal), tetapi mengurangi porsinya. Ini sangat disayangkan karena semangat convenience store lokal itu menjual produk lokal. Nah semangat yang asing?,” cetusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× nine = 63

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>