APEC Jadi Ajang Promosi Wirausaha Muda

Pelatihan Kewirausahaan – JAKARTA- Pemerintah akan memanfaatkan forum Asia Pasific Economic Corporation (APEC) untuk mempromosikan wirausaha muda Indonesia melalui acara APEC Unthinkable Week 2013. Acara tersebut bertujuan memanfaatkan keramaian dan keragaman peserta APEC untuk mendorong wirausaha muda.Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan Kemenko Perekonomian, Edy Putra Irawadi menyatakan, kegiatan sosialisasi dan promosi pengembangan wirausaha muda ini terdiri dari APEC Entrepreneur Jamboree, APEC Creative Expo, dan APEC Sound and Motion Festival.

“Dalam rangkaian acara ini akan dikompetisikan model-model bisnis kewirausahaan dari peserta Indonesia yang telah mengikuti pelatihan technopreneur, marketingpreneur, mindset marketingpreneur, logisticpreneur, sociopreneur, agropreneur, patent/propery rihgt, tourismpreneur, dan procurement. Kegiatan ini akan dimitrakan dengan perusahaan-perusahaan nasional dan dari negara-negara APEC yang berbisnis di Indonesia. Mereka akan dipromosikan temuan-temuan inovasinya dan diajak untuk mengikuti proyek-proyek pemerintah di berbagai negara APEC,” paparnya di Jakarta, Jumat (13/9).

APEC Unthinkable Week 2013 akan digelar di Bali, Indonesia pada 2-5 Oktober mendatang. Rencananya ada 300 peserta dari 21 negara anggota APEC.

Edy menambahkan pemerintah juga menggandeng perusahaan-perusahaan negara APEC yang berinvestasi atau melakukan usaha di Indonesia. Permintaan pemerintah untuk corporate social responsibility (CSR) ini berprinsip akuntabel, transparan dan good governance.

“Intinya adalah penyediaan modal, pembiayaan, memberikan technical assistant, peningkatan kapasitas, dan pengembangan usahanya ke depan,” kata Edy. Dia menambahkan terdapat 214 perusahaan yang diundang untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Namun, dua perusahaan yang bergerak di bidang migas tidak bisa ikut dengan alasan sibuk. Menurutnya, jika perusahaan tersebut mengeluarkan dana untuk CSR ini harus bisa dipertanggungjawabkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>