Ajarkan Ilmu Wirausaha Pada Anak Anda

Pelatihan Diklat Kewirauwirausaha_anaksahaan hanya disini – Mengajarkan cara pengelolaan uang dan kewirausahaan kepada anak sejak dini kini menjadi semakin penting. Bagaimana caranya? Simak saja Junior Achievement More than Money, program global yang digagas oleh HSBC dan lembaga swadaya masyarakat Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk anak usia 7 – 11 agar melek keuangan dan kewirausahaan.

Kenalkan Nilai. Minta anak membuat sejumlah kegiatan bisnis atau melakukan suatu pekerjaan agar memperoleh penghasilan. Kegiatan itu bertujuan untuk mengembangkan etika kerja positif dan menanamkan pentingnya pengelolaan uang.

Temukan Bakat dan Minat. Coba kenali keterampilan dan ketertarikan anak, lalu kaitkan dengan potensi bisnis. Kegiatan itu akan mendorong anak menemukan minat dan bakat mereka sehingga lebih mudah menggali sisi kreatif dalam memulai usaha.
Bangun Bisnis. Ajak anak mengidentifikasi langkah dasar dalam membangun dan menjalankan bisnis kecil, lalu libatkan mereka dalam menyusun perencanaan bisnis berdasarkan informasi yang didapat. Dengan demikian, anak memahami cara memulai usaha. Berikan pula gambaran mengenai tantangan yang akan mereka hadapi.

Ajarkan SMART (stop berpikir sebelum membeli, membuat rencana, ajukan pertanyaan, rangkum informasi, tindak). Ketika menjalankan usaha, ajarkan anak mengenali perbedaan antara pengeluaran pribadi dengan pengeluaran bisnis, mengelola keuangan bisnis, keputusan pembelian yang SMART, serta menerapkan proses penyelesaian masalah dan mengoperasikan bisnis sederhana. Dampingi. Secara konsisten, berikan pendampingan dan dukungan. Bagilah pengetahuan tentang dunia keuangan mendasar, seperti bunga bank, rekening, nilai tukar mata uang. Anda juga wajib menyemangati mereka; dan jangan mengabaikan ide kreatif anak. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ six = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>