10 Tempat Tak Terduga yang Bisa Memberi Ide Bisnis

kewirausahaanSudah memeras otak untuk memulai bisnis, tapi tetap saja tidak menemukan ide yang menarik. Jika demikian, Anda mungkin butuh penyegaran suasana.Sebagai manusia biasa, kita tentu tidak akan tahu dari mana datangnya inspirasi. Karena itu silakan mencari suasana baru yang bisa mendatangkan ide cemerlang untuk memulai usaha Anda.Dilansir dari Business News Daily, berikut 10 tempat yang bisa memancing kamu menemukan ide-ide besar untuk memulai sebuah bisnis.

1. Smartphone

Di era digital di mana hampir semua hal bisa dilakukan melalui smartphone, Anda mungkin juga bisa menemukan ide-ide besar di dalamnya. Anda mungkin menggunakan aplikasi tertentu dan ternyata tidak ada fasilitas yang Anda inginkan di dalamnya. Jika Anda jeli, Anda bisa menciptakan aplikasi sejenis namun dengan fasilitas yang lebih lengkap dan menyeluruh yang bisa melayani keinginan semua orang.

2. Mesin Pencari

Biasanya, jika Anda mencari sesuatu melalui mesin pencari namun tidak mendapatkan hasilnya, hanya ada dua pilihan: menyerah untuk mencari atau Anda membuat sesuatu itu sendiri. Jika Anda orang yang senang melakukan semuanya sendiri dan mampu melakukannya, Anda punya peluang mengubah situasi tak menyenangkan menjadi bisnis menjanjikan. Jelajahi forum online untuk melihat apakah orang lain mencari produk yang sama, dan kemudian bukalah toko online yang menjual produk tersebut. Ini juga bisa bekerja dengan baik pada bisnis berbasis layanan khusus.

3. Media Sosial

Jika ada satu hal yang orang-orang ingin lakukan di media sosial adalah membuat status mengenai kehidupan mereka sehari-hari. Sebagian besar status tersebut menceritakan hal-hal remeh (dan mungkin sedikit mengganggu). Tetapi jika Anda memberi perhatian lebih teliti pada hashtag dan status mereka, Anda mungkin mulai melihat beberapa pola. Frasa seperti “Mengapa tidak ada …” atau “Saya berharap ada …”, Anda mungkin dapat menawarkan sebuah solusi.

4. Ulasan Online

Seperti media sosial, orang senang berbicara tentang sebuah produk yang mereka akan atau sudah beli. Mereka suka mengunjungi situs-situs seperti Amazon, Google dan Yelp. Sebagian besar konsumen akan membaca dan menggunakan ulasan negatif untuk menghindari sebuah produk. Di sinilah Anda bisa masuk untuk memberikan solusi atau ide yang lebih baik kepada mereka.

5. Sekitar Rumah

Lihatlah di sekitar rumah atau apartemen. Apakah Anda menemui hal-hal yang tidak menyenangkan dan tidak bekerja seperti semestinya di sana? Ventilasi udara berdebu? Kamar mandi berantakan? Guguran daun-daun yang berserakan di halaman? Jika Anda melihat semua itu ada di sekitar rumah, Anda bisa menawarkan bisnis jasa mengurus rumah yang merupakan pekerjaan yang melelahkan bagi sebagian orang.

6. Lingkungan Sekitar

Orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitar rumah Anda bisa menjadi inspirasi besar untuk ide bisnis. Cobalah perhatikan demografi lingkungan atau masyarakat sekitar Anda. Jika kota Anda banyak orangtua yang bekerja, coba tawarkan layanan pengasuh atau penitipan anak. Lingkungan dengan banyak orang tua menawarkan peluang untuk menjadi pembantu rumah kesehatan pribadi. Apakah banyak yang memiliki anjing di lingkungan sekitar? Cobalah bisnis perawatan dan penitipan hewan peliharaan.

7. Sekitar Kantor

Jika Anda ingin memulai bisnis paruh waktu di luar pekerjaan utama, tanyakan kepada rekan kerja jenis produk atau jasa apa yang mereka butuhkan selama di kantor. Mungkin mereka butuh penasihat keuangan atau akuntan. Mereka mungkin sedang mencari guru musik atau seni yang terjangkau bagi anak-anak mereka. Obrolan ringan di ruang istirahat bisa memunculkan ide yang layak untuk ditindaklanjuti.

8. Toko Swalayan

Apakah Anda seorang pecinta makanan? Dengan memperhatikan apa yang tidak ada di toko swalayan atau pasar akan membantu Anda menciptakan ide bisnis kuliner. Jika Anda pandai memasak, Anda mungkin bisa mengelola sebuah restoran atau food truck yang sekarang mewabah di beberapa kota besar di Indonesia.

9. Pusat Perbelanjaan

Meskipun Anda tidak mungkin membuka toko ritel fisik, perhatikan dengan teliti pusat perbelanjaan di kota Anda. Anda mungkin menemukan beberapa ide bisnis yang menarik. Anda bisa meluncurkan lini kosmetik alami buatan sendiri atau pakaian hasil desain sendiri yang memberikan nuansa berbeda dari item lama yang sama di setiap jendela toko pakaian atau toko kosmetik. Atau Anda bisa membuat kerajinan pernak-pernik untuk dijual di pusat perbelanjaan.

10. Sekolah

Sebagai orang tua, Anda akan mencari produk atau layanan anak yang layak yang sebanding dengan pengeluaran Anda. Pikirkan tentang kesenjangan yang Anda lihat di pasar dan saat Anda menjemput anak-anak di sekolah, cobalah minta pendapat orang tua lain tentang apa yang paling dibutuhkan. Tanyakan pada anggota keluarga atau teman-teman yang punya anak tentang hal-hal yang mereka inginkan (atau ingin ditingkatkan) namun saat ini belum menemukannya untuk anak-anak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>